Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 17 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.

Khairanis, Khairanis (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 17 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KHAIRANIS_58338_1790_2015.pdf] Text
B1_6_KHAIRANIS_58338_1790_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa siswa dalam proses pembelajaran siswa belum menemukan sendiri hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran dimana guru menjelaskan materi dengan menggunakan metode ceramah. Untuk meningkatkan pengetahuan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, guru seharusnya dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan mendeskripsikan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inkuiri pada siswa kelas IV SD Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi: 1)perencanaan, 2)pelaksanaan,3)pengamatan,dan4)refleksi. Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak sebagai observer. Data penelitian ini berupa data RPP, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri17 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat tahun ajaran 2011/2012. Hasil penelitian siklus I pada perencanaan diperoleh dengan rata-rata73%, Sedang kan pada siklus II tahap perencanaan meningkat menjadi 91%.Tahap pelaksanaan dari aspek guru pada siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 64,5% sedangkan pada siklus II tahap pelaksanaan dari aspek guru meningkat menjadi 84,5%. Dari aspek siswa pada siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 61,5% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,5%.Hasil Belajar pada siklus I dengan rata-rata 70, sedangkan hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi ratarata 80. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode Inkuiri dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 17 Ranah Batahan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 04:10
Last Modified: 25 Jul 2025 01:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16579

Actions (login required)

View Item
View Item