Juliani, Sabrina (2018) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Scientific Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Instalasi Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI Kelas XI TKJ SMKN 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SABRINA_JULIANI_1302915_557_2018.pdf [thumbnail of B1_05_SABRINA_JULIANI_1302915_557_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SABRINA_JULIANI_1302915_557_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi System Operasi Jaringan Berbasis GUI di SMKN 2 Lubuk Basung. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya metode pembelajaran yang kurang inovatif dan belum optimalnya pengelolaan sarana dan prasarana dalam mendukung proses pembelajaran terutama pengelolaan laboratorium yang akan digunakan untuk belajar sekaligus praktikum. Selain itu kurangnya antusias siswa terhadap materi yang diajarkan dan ketercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI di SMKN 2 Lubuk Basung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran scientific berbantuan video. Jenis Penelitian ini bersifat eksperimen, dimana pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI TKJ 1 yang akan dilakukan perlakuan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran scientific berbantuan video dan kelas kontrol adalah kelas XI TKJ 2 yang akan dilakukan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari post test, post test dilakukan sebanyak 4 kali tiap akhir pertemuan, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 82,32, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 79,17. Data hasil perhitungan hipotesis data taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (4.51 > 1.67 ) karena thitung besar dari ttabel maka hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Dari perhitungan Gain hasil belajar dimana O1 adalah rata-rata kelas eksperimen O2 adalah kelas kontrol maka diperoleh persentase peningkatan hasil belajar sebesar 5,25%. Dapat disimpukan bahwa dengan menggunakan pendekatan scientific berbantuan video memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang membuktikan dari peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran Scientific, Pembelajaran langsung, video pembelajaran. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:48 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16525 |