Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Teori Pemrosesan Informasi di Kelas IV SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang

Darma, Khairani (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Teori Pemrosesan Informasi di Kelas IV SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KHAIRANI_DARMA_1200625_5542_2016.pdf] Text
B1_6_KHAIRANI_DARMA_1200625_5542_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi terhadap siswa kelas IV
SDN 43 Dadok, dimana dilapangan guru belum membuat RPP sesuai petunjuk
pembuatan RPP yang sebenarnya, yaitu belum membuat tujuan pembelajaran. Di
dalam keterampilan berbicara, siswa masih malu-malu untuk berbicara kedepan
kelas. Penilaian yang dilakukan dalam keterampilan berbicara siswa belum
melihat aspek-aspek penilaian keterampilan berbicara sebenarnya. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa
dengan Teori Pemrosesan Informasi.
Jenis penelitian adalah Penellitian Tindakan Kelas dan menggunakan
pendekatan kualitataif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses keterampilan
berbicara dengan Teori Pemrosesan Informasi. Subjek penelitian adalah peneliti
sebagai guru dan 27 orang siswa kelas IV SD Negeri 43 Dadok Tunggul Hitam
Kota Padang. Prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Penelitian ini dilaksanakan II siklus.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rencana pelaksanaan
pembelajaran siklus I Pertemuan I 67,8%, Pertemuan II 75%, siklus II Pertemuan
I 82,1%, Pertemuan II 89,2%. Hasil pengamatan aspek guru dan siswa pada siklus
I pertemuan I 70,8% , pertemuan II 75 %, siklus II pertemuan I 87,5%,
pertemuan II 86,1% .Hasil pengamatan penilaian pengetahuan siklus I pertemuan
I 74,6%, penilaian keterampilan berbicara aspek kebahasaan siklus I 77,5 %,
aspek non kebahasaan 73,3% , penilaian pengetahuan siswa siklus II pertemuan I
86,1 % , keterampilan berbicara siklus II aspek kebahasaan 85,3%, aspek non
kebahasaan 86,2% .Dapat disimpulkan bahwa, Teori Pemrosesan Informasi dapat
meningkatkan keterampilan berbicara siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:54
Last Modified: 23 Jul 2025 02:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16513

Actions (login required)

View Item
View Item