Studi Deskriptif Pelaksanaan Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Penguasaan Kosa Kata Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Lubuk Sikaping

Hasanah, Siti (2013) Studi Deskriptif Pelaksanaan Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Penguasaan Kosa Kata Anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SITI_HASANAH_04360_5656_2013.pdf] Text
B1_07_SITI_HASANAH_04360_5656_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pengembangan bahasa anak usia dini sangat diperlukan keterampilan guru dalam merancang perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang tepat agar pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini ini berjalan optimal dan mampu mengembangkan kemampuan berbahasa anak. Namun kenyataan yang peneliti temukan dilapangan menunjukkan pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini dalam penguasaan kosa kata berjalan kurang efektif, sehingga terlihat kesulitan terhadap anak dalam menggunakan bahasa dan berbicara karena minimnya penguasaan kosa kata. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini dalam penguasaan kosa kata di Taman Kanak- kanak Negeri Pembina Lubuk Sikaping pada Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bersifat kualitatif, yaitu menggambarkan apa adanya sesuai dengan yang ada di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lubuk Sikaping. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak-anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lubuk sikaping. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu (1) mencatat hasil pengamatan yang telah peneliti peroleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia dini dalam penguasaan kosa kata di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lubuk Sikaping dilaksanakan sesuai dengan rancangan perencanaan, dan pelaksanaan kosa kata yang digunakan, melalui metode yaitu: metode bercerita dan metode bercakap-cakap yang dibantu dengan penggunaan media yaitu: media visual dan audio-visual, serta penilaian dilakukan dengan cara penilaian hasil kerja anak (portofolio) dan penilaian unjuk kerja (performance).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahasa Anak, Kosa Kata Anak, Anak Usia Dini, Studi Deskriptif, TK Negeri Pembina, Kemampuan Berbahasa, Pendidikan Anak Usia Dini, Lubuk Sikaping, Stimulasi Bahasa, Taman Kanak-Kanak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:37
Last Modified: 25 Jul 2025 01:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16501

Actions (login required)

View Item
View Item