Khoiri, Ilma Latunil (2012) Pemahaman Siswa tentang Bimbingan dan Konseling: Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP N 5 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ILMA_LATUNIL_KHOIRI_88106_2583_2012.pdf [thumbnail of B1_5_ILMA_LATUNIL_KHOIRI_88106_2583_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ILMA_LATUNIL_KHOIRI_88106_2583_2012.pdf
Download (527kB)
Abstract
Bimbingan dan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bidang pengembangan pribadi, sosial, belajar dan karir, melalui berbagai layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma yang berlaku. Siswa diharapkan dapat memahami bimbingan dan konseling yang ada di sekolah, agar siswa dapat memanfaatkan pelayanan yang ada untuk membantu siswa menjalani kehidupan secara efektif. Kenyataaannya di SMP N 5 Pariaman masih banyak siswa yang belum belum memanfaatkan pelayanan itu dengan baik. Hal ini disebabkan oleh pemahaman siswa yang masih kurang tentang bimbingan dan konseling, pensosialisasian yang belum maksimal dan sarana yang kurang memadai. Penelitian bertujuan mengungkapkan pemahaman siswa tentang bimbingan dan konseling.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII, VIII dan IX SMP N 5 Pariaman yang terdaftar pada tahun pelajaran 2011-2012 sebanyak 420 orang yang terbagi dalam 15 kelas. Sampel penelitian adalah sejumlah siswa yang mewakili populasi yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 81 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase.
Temuan Penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Sebanyak 47,87% siswa yang memahami tujuan bimbingan dan konseling yang ada di sekolah (2) Sebanyak 51,81% siswa yang memahami bidang pengembangan bimbingan dan konseling di sekolah (3) Sebanyak 50,98% siswa yang memahami ruang lingkup kerja bimbingan dan konseling yang ada di sekolah.
Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada (1) Guru BK/Konselor untuk lebih memasyarakatkan bimbingan dan konseling kepada siswa agar siswa dapat memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling dengan baik (2) Kepala sekolah, menyediakan sarana dan prasarana yang bisa menambah pemahaman siswa tentang bimbingan dan konseling di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BIMBINGAN DAN KONSELING BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16492 |