Desmawati, Siti (2017) Efektivitas Media Bulletin Board Tersembunyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina Nanggalo Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_SITI_DESMAWATI_1300698_3159_2017.pdf [thumbnail of B1_07_SITI_DESMAWATI_1300698_3159_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_SITI_DESMAWATI_1300698_3159_2017.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Nanggalo Padang, bahwa dalam memberikan pembelajaran guru mengguanakan media yang kurang efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak. Sehingga anak tidak termotivasi dalam mengungkapkan pendapat atau perasaanya. Akibatnya, berdampak terhadap kemampuan berbicara anak yang masih rendah. Oleh karena itu, media bulletin board tersembunyi diduga efektif terhadap kemampuan berbicara anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifkah media bulletin board tersembunyi terhadap kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Naggalo Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh murid di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina, dan teknik pengambilan sampel Custer Sampling, yaitu kelas B2 dan kelas B1 masing masingnya berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat mengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) setelah itu mencari ukuran besaran pengaruh dengan rumus cohen’d. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah 90 dan SD sebesar 9,74. Sedangkan pada kelas kontrol adalah rata-rata 75 dan SD sebesar 14,83. Pada pengujian hipotesis diperoleh sebesar 2,5380 dan sebesar 2,101 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 18. Pada pencarian ukuran besaran pengaruh di peroleh nilai cohen’s d = 1,26 > 0,80 maka dapat disimpulkan bahwa media bulletin board tersembunyi memiliki pengaruh besar (efektif) terhadap kemampuan berbicara anak di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Naggalo Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Bulletin Board Tersembunyi, Kemampuan Berbicara Anak, Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, TK Islam Shabrina, Stimulasi Bahasa, Pendidikan Anak, Taman Kanak-Kanak, Kota Padang, Nanggalo |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:33 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16481 |