Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Solving di Kelas V SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok

Sari, Indah (2020) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Solving di Kelas V SDN 05 Paninggahan Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_INDAH_SARI_16129178_3484_2020.pdf] Text
B1_6_INDAH_SARI_16129178_3484_2020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa guru masih mendominasi pembelajaran sehingga peserta didik belum mampu aktif dan berpikir kritis dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Problem Solving untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah siswa 14 orang. Data dalam penelitian ini berupa hasil pengamatan dari setiap tindakan dalam proses pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar. Sumber data penelitian adalah guru dan peserta didik serta proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Solving di kelas V sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumen penelitiannya lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 95,31% dengan kualifikasi sangat baik meningkat menjadi 96,87% pada siklus II. Hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 85,41% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 95,83% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 85,41% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 95,83% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik.Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN 05 Paninggahan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PROBLEM SOLVING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:32
Last Modified: 23 Jul 2025 02:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16480

Actions (login required)

View Item
View Item