Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Khairi, Ismil (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_ISMIL_KHAIRI_00060_4472_2012.pdf] Text
B1_6_ISMIL_KHAIRI_00060_4472_2012.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru, dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe GI Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif
dengan jenis penelitianya adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 20 Indarung kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua
siklus. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah perencanaan, pelaksanaan,dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative
learning tipe GI di kelas IV SDN 20 Indarung kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan, perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I perencanaan yang telah dirancang
guru memperoleh nilai 77,08% meningkat menjadi 87,45% pada siklus II.Kegiatan guru pada siklus I memperoleh nilai 74,98% meningkat menjadi 91,7% pada siklus II. Kegiatan siswa pada siklus I memperoleh nilai 71,9% meningkat
menjadi 86,47% pada siklus II. Pada siklus I siswa belum terbiasa dengan model cooperative learning namun pada siklus II siswa sudah terbiasa dengan model cooperative learning tipe GI sehingga hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata kelas pada siklus I 74,6 meningkat menjadi 82,3 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I 67,5% meningkat menjasi 95% pada siklus II.Dengan demikian, dapat disimpulkan dengan menggunakan model cooperative
learning tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 20 Indarung kecamatan Lubuk Kilangan kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:32
Last Modified: 23 Jul 2025 02:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16479

Actions (login required)

View Item
View Item