Hubungan Antara Kemampuan Menyelesaikan Tugas-tugas Pelajaran dengan Hasil Belajar Siswa: Studi Korelasional di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Suryadi, Suryadi (2013) Hubungan Antara Kemampuan Menyelesaikan Tugas-tugas Pelajaran dengan Hasil Belajar Siswa: Studi Korelasional di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SURYADI_86913_2942_2013.pdf] Text
B1_5_SURYADI_86913_2942_2013.pdf

Download (582kB)

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalammenyelesaikan tugas-tugas pelajaran. Siswa yang memiliki kemampuanmenyelesaikan tugas-tugas pelajaran dengan baik akan memperoleh hasil belajaryang baik. Fenomena dilapangan sebagian siswa tidak mampu menyelesaikantugas-tugas pelajaran yang diberikan guru. Penelitian bertujuan mengungkapkanbagaimana hubungan antara kemampuan menyelesaikan tugas-tugas pelajarandengan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitiankorelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Pembangunan LaboratoriumUNP dengan jumlah 384 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah Proportional Random Sampling dengan sampel 78 orang. Teknik analisisdata menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan bantuan programStatistical Product and Service Solution for windows release 17.0.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan menyelesaikantugas-tugas pelajaran di SMP Pembangunan Laboratorium UNP berada padakategori baik, (2) Hasil belajar siswa di SMP Pembangunan Laboratorium UNPberada pada kategori baik. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antarakemampuan menyelesaikan tugas-tugas pelajaran dengan hasil belajar siswapearson correlation sebesar 0,416 dan taraf signifikansi 0,000, dengan tingkathubungan cukup. Disarankan pada siswa agar dapat meningkatkan kemampuanmenyelesaikan tugas-tugas pelajarannya dan untuk guru bimbingan dan konselingagar dapat meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling dan menjadifasilitator untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugastugas pelajarannya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:28
Last Modified: 23 Jul 2025 02:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16474

Actions (login required)

View Item
View Item