Lahimi, Ismi Kurnia (2016) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_ISMI_KURNIA_LAHIMI_1205012_5809_2016.pdf [thumbnail of B1_6_ISMI_KURNIA_LAHIMI_1205012_5809_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_ISMI_KURNIA_LAHIMI_1205012_5809_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN komplek Simpang Haru yang mempunyai masing-masing dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive dengan diperoleh 3 SD yaitu SD Negeri 03
Simpang Haru, SD Negeri 16 Simpang Haru dan SD Negeri 34 Simpang Haru,serta teknik random (acak) dengan cara undian sehingga diperoleh kelas VA SD Negeri 03 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 16 sebagai
kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SD Negeri komplek Simpang Haru. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) dieroleh t hitung (7,31) > t tabel (1,671).Hasil belajar kognitif IPA yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean 82,15 dan mean yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 77,4.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:27 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16471 |