Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 12 Sungai Asam.

Trisnawati, Isma Melda (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas V SDN 12 Sungai Asam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_ISMA_MELDA_TRISNAWATI_57011_5676_2015.pdf] Text
B1_6_ISMA_MELDA_TRISNAWATI_57011_5676_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi guru kurang dapat menentukan metode yang efektif sehingga masih rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode problem solving
yang meliputi perencanaan (RPP) pelaksanaan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru
dan siswa berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh skor 70,84% dengan kualifikasi baik meningkat pada pembelajaran siklus II dengan skor 89,6% kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan hasil pengamatan aktivitas guru siklus I diperoleh 72,9% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II dengan skor 91,63% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan pada
aktivitas siswa diperoleh pada siklus I dengan skor 72,74% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II dengan skor 92,04% kualifikasi sangat baik. Dan pada hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,4 meningkat pada
siklus II dengan nilai rata-rata 84,66. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:27
Last Modified: 23 Jul 2025 02:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16465

Actions (login required)

View Item
View Item