Gunawan, Raju (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Tari Melalui Media Audiovisual di SMA Negeri 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAJU_GUNAWAN_3956_14023121_2018.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAJU_GUNAWAN_3956_14023121_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAJU_GUNAWAN_3956_14023121_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengungkapkan peningkatan hasil belajar tari siswa laki-laki di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 12 Padang dengan menggunakan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan observer/teman sejawat serta instrumen pendukung seperti laptop, speaker, musik, video dan audio visual (VCD). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, observasi,tindakan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 12 Padang dapat meningkatkan hasil belajar dan mampu membuat siswa terlibat langsung dalam pembelajaran praktek tari. Pada siklus I pertemuan kognitif dengan nilai rata-rata 56,76% pertemuan psikomotor siklus I dengan nilai rata-rata 59,12% dan pada siklus II pertemuan kognitif dengan nilai rata-rata 83,82% pertemuan psikomotor Siklus II dengan nilai rata-rata 83,24% jadi telah ada peningkatan hasil belajar seni tari dengan menggunakan media audio visual dan target yang ingin dicapai telah berhasil.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Tari |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16457 |