Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Rumpang Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas II SD Negeri 37 Durian Gadang Kecamatan Sijunjung

Gusneti, Irza (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Rumpang Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas II SD Negeri 37 Durian Gadang Kecamatan Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IRZA_GUSNETI_95405_6231_2016.pdf] Text
B1_6_IRZA_GUSNETI_95405_6231_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menulis cerita rumpang yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Peserta didik kurang kreatif untuk menentukan kata atau kalimat yang tepat untuk mengisi
bagian cerita yang kosong pada cerita rumpang. Hal ini disebabkan kurangnya latihan menulis yang dilaksanakan di kelas dan penyajian materi kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerita rumpang pada tahap pramenulis, saat menulis, dan pasca menulis dengan menggunakan media gambar di kelas II SD Negeri 37 Durian Gadang Kecamatan Sijunjung.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses pembelajaran menulis cerita rumpang. Sumber data adalah proses pembelajaran dan hasil pelaksanaan pembelajaran menulis cerita rumpang di kelas II. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan peserta didik
kelas II sebanyak 15 orang. Hasil penelitian keterampilan menulis cerita rumpang pada tahap pra menulis siklus I diperoleh nilai 68 dan siklus II meningkat menjadi 85, pada tahap saat menulis diperoleh nilai 63,3 meningkat pada siklus II menjadi 79,16, dan pada pascamenulis diperoleh 65 meningkat pada siklus II menjadi 95. Dengan
demikian, penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis cerita rumpang di kelas II SD Negeri 37 Durian Gadang Kecamatan Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:24
Last Modified: 23 Jul 2025 02:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16443

Actions (login required)

View Item
View Item