Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri No. 19 Padang Sirih Pesisir Selatan

Yuniarti, Irwis (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SD Negeri No. 19 Padang Sirih Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IRWIS_YUNIARTI_1108398_5503_2015.pdf] Text
B1_6_IRWIS_YUNIARTI_1108398_5503_2015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan guru dalam mengajar IPA di Kelas IV SD Negeri No 19 Padang Sirih masih rendah, sehingga standar ketuntasan dalam pembelajaran belum tercapai. Untuk mengatasinya, maka dilakukan tindakan dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkat hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Konstekstual di Kelas IV SD Negeri No. 19 Padang Sirih Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Masing siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penilaian RPP siklus I rata-rata 58.93%, pada siklus II naik menjadi 76.79%. Hasil pengamatan Aspek guru pada siklus I rata-rata 55.36%, pada siklsu II meningkatn menjadi 82.14%. Hasil penilaian aspek siswa pada siklus I ratarata
58.93%,dan pada siklus II naik menjadi 85.71%.Hasil belajar
Siklus I ratarata 66.56%, dan pada siklus II 77.78%. Dari hasil penelitian ini peneliti memperoleh kesimpulan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN No.19 Padang Sirih Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:23
Last Modified: 23 Jul 2025 02:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16436

Actions (login required)

View Item
View Item