Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa di Sekolah: Studi Deskriptif Korelasional terhadap Siswa SMP Negeri

Elani, Surya Manggala (2015) Hubungan Kontrol Diri dengan Disiplin Siswa di Sekolah: Studi Deskriptif Korelasional terhadap Siswa SMP Negeri. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SURYA_MANGGALA_ELANI_1105514_3976_2015.pdf] Text
B1_5_SURYA_MANGGALA_ELANI_1105514_3976_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Disiplin merupakan hal yang penting agar siswa tertib dan teratur dalamproses belajar di sekolah, sehingga terciptanya suasana yang menyenangkanketika belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang melanggardisiplin sekolah, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kontrol diri.Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana tingkat kontrol dirisiswa, disiplin siswa di sekolah dan bagaimana hubungan antara kontrol diridengan disiplin siswa di SMP Negeri 18 Padang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasipenelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 18 Padang. Denganjumlah populasi 496 orang dan sampel 87 orang yang dipilih berdasarkan teknikproporsionate random sampling. Data yang dikumpulkan dengan menggunakanangket. Analisis data menggunakan teknik statistik dengan menentukan nilaimean, range, dan interval. Untuk melihat hubungan antara kedua variabeldigunakan teknik Pearson Product Moment Correlation.Hasil penelitian diperoleh bahwa kontrol diri siswa berada pada kategorirendah, disiplin siswa di sekolah berada pada kategori tinggi, dan terdapathubungan yang signifikan dan positif antara kontrol diri dengan disiplin siswa disekolah dengan korelasi tinggi. Besar koefisien korelasi yaitu r =0.763 dan tarafsignifikansi 0.000.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kontrol dirisiswa maka disiplin siswa di sekolah semakin tinggi pula. Untuk itu, diharapkankepada guru bimbingan dan konseling melatih siswa meningkatkan kontroldirinya dengan layanan bimbingan dan konseling yang terkait dengan usahameningkatkan disiplin dan kontrol diri siswa, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KONTROL DIRI, DISIPLIN SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:22
Last Modified: 23 Jul 2025 02:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16427

Actions (login required)

View Item
View Item