Sari, Irsa Purnama (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 13 Padang Gelanggang Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IRSA_PURNAMA_SARI_1200548_4752_2017.pdf [thumbnail of B1_6_IRSA_PURNAMA_SARI_1200548_4752_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IRSA_PURNAMA_SARI_1200548_4752_2017.pdf
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 13 Padang Gelanggang rendah. Guru belum sepenuhnya membimbing siswa dalam mencari, menemukan dan mengumpulkan ide untuk ditulis
siswa ke dalam karangan sehingga karangan siswa belum baik. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan model Discovery Learning di kelas IV SDN 13 Padang Gelanggang Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini peneliti dan siswa kelas IV berjumlah
23 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian ini diperoleh dari tahapan proses menulis yaitu tahap
prapenulisan, penulisan, dan pasca penulisan dengan sumber data yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis desnripsi siswa dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 75% (B) meningkat menjadi 91,66% (SB) pada siklus II. Aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai 66,66% (C)meningkat menjadi 84,96% (SB) siklus II. Rata-rata perolehan nilai siswa tahap prapenulisan dari 70,10 (B) meningkat menjadi 83,69 (SB). Tahap penulisan nilai rata-rata siswa 64,96 (C) meningkat menjadi 82,06 (SB). Tahap pasca penulisan nilai rata-rata siswa 70,10 (B) meningkat menjadi 88,04 (SB). Keterampilan menulis deskripsi siswa pada siklus I dengan nilai 68,56 (C) meningkat menjadi 84,96
(SB) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa menulis karangan deskripsi dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan ketermpilan menulis karangan deskripsi di kelas IV SD Negeri 13 Padang Gelanggang Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:24 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16401 |