Dewi, Irnawati (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Cacah Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas II SDN 03 Binkad Pauh Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IRNAWATI_DEWI_95525_2356_2012.pdf [thumbnail of B1_6_IRNAWATI_DEWI_95525_2356_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IRNAWATI_DEWI_95525_2356_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada pembelajaran pengurangan di SDN 03 Pauh Kota Padang karena masih banyak didominasi oleh metode ceramah, sehingga membosankan bagi siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran khususnya
pembelajaran pengurangan bilangan cacah supaya untuk mengatasi persoalan yang ada. Pada peningkatan hasil belajar pengurangan bilangan cacah dengan pendekatan CTL terdapat 7 langkah yaitu: Kembangkan pemikiran siswa dengan
cara belajar sendiri, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian otentik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah siswa 27
orang dibidang Pendidikan dan pengajaran pengurangan bilangan cacah dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif pada Rancangan ini dilaksanakan
sebanyak dua kali siklus dengan materi pengurangan bilangan cacah dengan teknik tidak meminjam dan meminjam. Data penulisan langsung hasil peneliti terhadap perencanaan,pelaksanaan dan tindakan observasi dan refleksi
Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh gambaran bahwa hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukan rata-rata hasil belajar siswa ( aspek
kognitif,afektif dan psikomotor) adalah 78 % sehingga siklus II dapat menunjukan rata-rata hasil belajar siswa ( aspek kognitif,afektif dan psikomotor) 83 % pada pembelajran pengurangan bilangan cacah.Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pendekatan pendidkan matematika realistik dapat meningkatkan hasil pengurangan bilangan cacah dengan pendekatan Contextual Teaching and ,Learning (CTL) di kelas II SDN 03 Binkad Pauh Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16396 |