Kasterwida, Kasterwida (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menyelesaikan Masalah Penjumlahan Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_KASTERWIDA_09498.pdf [thumbnail of B1_6_KASTERWIDA_09498.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_KASTERWIDA_09498.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa
pada pembelajaran penyelesaian masalah penjumlahan pecahan di kelas IV SD
Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang, pembelajaran belum diawali dengan
permasalahan yang nyata bagi siswa. Kondisi demikian mengakibatkan siswa
kesulitan dalam menyelesaikan masalah tersebut dan hasil belajar siswa pada
materi tersebut belum sesuai dengan yang diharapkan. Karena rendahnya hasil
belajar siswa, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang pada
materi menyelesaikan masalah penjumlahan pecahan dengan pendekatan RME.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang.
Subjek penelitian ini adalah guru dan 24 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah
PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Rancangan
penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri
atas 2 kali pertemuan, dengan materi menyelesaikan masalah tentang penjumlahan
pecahan. Dan data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan
terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes siswa pada akhir pertemuan
setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada: (a) penilaian
RPP dari 67,8 pertemuan 1 menjadi 75 di pertemuan 2 siklus I dan dari 82,1
pertemuan 1 menjadi 92,8 di siklus II pertemuan 2, (b) Pelaksanaan RME aspek
guru dari 55,35 pertemuan 1 menjadi 67,85 di pertemuan 2 siklus I dan dari 76,78
pertemuan 1 menjadi 82,14 di pertemuan 2 siklus II. Aspek siswa dari 53,57
pertemuan 1 menjadi 64,28 di pertemuan 2 siklus I dan dari 78,75 pertemuan 1
menjadi 85,75 di pertemuan 2 siklus II (c) hasil belajar siswa dari 57,5 pada siklus
I pertemuan 1 menjadi 66,4 di siklus I pertemuan 2, dan dari 75,1 di siklus II
pertemuan 1 menjadi 84,2 di siklus II pertemuan 2. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah dengan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran menyelesaikan masalah berkaitan dengan penjumlahan pecahan di
kelas IV SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16395 |