Irmayeni, Irmayeni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Dengan Metode Problem Solving di Kelas IV.D SDN 09 Pasaman Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IRMAYENI 57151_428_2013.pdf [thumbnail of B1_6_IRMAYENI 57151_428_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IRMAYENI 57151_428_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran IPA pada materi kerusakan lingkungan di kelas IV.D SD Negeri 09 Pasaman belum dilaksanakan dengan baik. Guru belum mampu memilih dan menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran IPA. Guru kurang mengembangkan pengetahuan siswa dalam memecahkan masalah yang
ada dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu penulis tertarik memperbaiki proses pembelajaran IPA khususnya materi kerusakan lingkungan dengan metode problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana
rancangan, pelaksanaan dan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian terdiri dari 2 siklus, dilakukan secara kolaboratif dengan observer. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan semester II tahun
ajaran 2011/2012 di SD Negeri 09 Pasaman Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Subjeknya siswa kelas IV.D. Data penelitian diperoleh melalui observer, lembar pengamatan, dan hasil tes. Hasil penelitian dengan menggunakan metode problem solving dalam pembelajaran IPA untuk RPP siklus I yaitu 75% dengan kualifikasi cukup dan meningkat menjadi 89.28% dengan kualifikasi baik pada siklus II. Untuk aspek
guru siklus I yaitu 72.9% dengan kualifikasi cukup dan meningkat menjadi 89.6%dengan kualifikasi baik pada siklus II, sedangkan aspek siswa siklus I yaitu 72.9%
dengan kualifikasi cukup dan meningkat menjadi 89.6% dengan kualifikasi baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 69.95 meningkat menjadi 83 siklus II...Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode
problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan materi kerusakan lingkungan (abrasi, erosi, banjir dan longsor) di kelas IV.D SD Negeri 09 Pasaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16394 |