Irmawati, Irmawati (2013) Peningkatkan Hasil Belajar Sifat-sifat Bangun Ruang Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Bagi siswa Kelas V SD Negeri 04 Kinali Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IRMAWATI_58349_2341_2013.pdf [thumbnail of B1_6_IRMAWATI_58349_2341_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IRMAWATI_58349_2341_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya materi sifat-sifat bangun ruang dan rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 04 Kinali Pasaman Barat. Pembalajaran sifat-sifat bangun ruang kurang bermakna bagi siswa karena
guru dalam mengajar kurang bisa mengaitkan materi pembelajaran sifat-sifat bangun ruang dengan kenyataan yang dihadapi siswa sehari-hari..Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengaitkan materi
pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari siswa adalah Pendekatan CTL. Berdasarkan hal ini peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran sifatsifat bangun ruang dengan menggunakan pendekatan CTL.Tujuan dari penelitian
tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan Perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar dengan menggunakan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4)refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus setiap siklus dilaksakan dua kali pertemuan. Subyek
penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 04 Kinali Pasaman Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dari hasil analisis nilai dalam penelitian tindakan kelas diperoleh kesimpulan pada akhir siklus I keberhasilan RPP 67,85%, keberhasilan pelaksanaan aktifitas guru 67,85%, keberhasilan aktifitas siswa aspek kognitif 66%, aspek afektif 64,03%, dan aspek psikomotor 65,63%.Sedangkan siklus II keberhasilan RPP 89,3%, keberhasilan aktifitas guru 89,3%, keberhasilan
aktifitas siswa aspek kognitif 85%, aspek afektif 81,23%, dan aspek psikomotor 80,35%,. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan CTLdapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi mengidentifikasi sifat-sifat
bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16391 |