Penggunaan Metode Karyawisata dalam Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Anak di Taman Kanak – Kanak Kartika 1.61 Padang

Putri, Siska Dewi (2013) Penggunaan Metode Karyawisata dalam Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Anak di Taman Kanak – Kanak Kartika 1.61 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SISKA_DEWI_PUTRI_04358_5660_2013.pdf] Text
B1_07_SISKA_DEWI_PUTRI_04358_5660_2013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di TK yang menunjukkan interaksi sosial anak di TK Kartika 1.61 Padang masih rendah. Ini terlihat sebagian besar anak masih memilih temannya, anak belum bisa berinteraksi sosial yang baik dengan orang lain dan sekitarnya, masih belum bisa memahami bagaimana berbaur dengan temannya, tidak mau menolong temannya mengalami kesulitan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan interaksi sosial anak di TK Kartika 1.61 Padang, dengan cara penggunaan metode karyawisata. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelompok B2 yang berjumlah 10 orang di Taman Kanak – kanak Kartika 1.61 Padang. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan lembaran observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya data observasi diolah dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan sebagian anak belum mencapai posisi nilai tertinggi pada aspek berani bertanya dan menjawab pertanyaan, dapat bekerjasama dengan teman, menghargai hasil karya teman. Berdasarkan hasil Analisis, maka rencana pada siklus II direvisi kembali. Dan pada siklus II terjadi peningkatan interaksi sosial anak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase sangat tinggi sebelum tindakan enam belas koma tujuh persen, dan pada siklus I sangat tinggi tiga puluh tiga koma tiga persen, dan pada siklus II sangat tinggi delapan puluh enam koma tujuh persen. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi sosial anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilakukan siklus II. Pada siklus II hasil rata-rata penggunaan metode karyawisata dalam upaya meningkatkan interaksi sosial anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang di tetapkan. Jadi penggunaan metode karyawisata dalam upaya meningkatkan interaksi sosial anak mengalami peningkatan dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan interaksi sosial anak di TK Kartika 1.61 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Karyawisata, Interaksi Sosial Anak, Anak Usia Dini, Pendidikan Anak, TK Kartika I-61, Pembelajaran Aktif, Pendidikan Anak Usia Dini, Stimulasi Sosial, PAUD, Kota Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 23 Jul 2025 00:13
Last Modified: 25 Jul 2025 00:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16364

Actions (login required)

View Item
View Item