Yenes, Ilfajri (2014) Perilaku Bullying dan Peranan Guru BK/Konselor dalam Pengentasannya: Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ILFAJRI_YENES_04219_4104_2014.pdf [thumbnail of B1_5_ILFAJRI_YENES_04219_4104_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ILFAJRI_YENES_04219_4104_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Bullying merupakan sebuah situasi dimana terjadinya penyalahgunaan
kekuatan/kekuasaan yang dilakukan oleh seseorang/kelompok. Perilaku bullying
adalah salah satu bentuk kekerasan dan agresif siswa di sekolah. Bullying bisa
berasal dari teman sebaya, senior atau kakak kelas, dan bahkan guru dan staf
sekolah itu sendiri. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya siswa yang melakukan
tindakan kekerasan seperti memukul, memaki dan mengejek teman lainnya.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan perilaku bullying yang
ditampilkan siswa SMP N 3 Lubuk Basung dan peranan guru BK/konselor dalam
pengentasannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini
adalah siswa di SMP Negeri 3 Lubuk Basung berjumlah 564 orang dengan
sampel 140 orang diambil dengan menggunakan teknik stratified random
sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Data dianalisis
menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis prilaku bullying ditampilkan
siswa SMPN 3 Lubuk Basung dikategorikan rendah pada aspek menyakiti secara
fisik seperti melakukan tindakan menampar dan tindakan menendang. 2) Faktor
keluarga dan faktor teman sebaya merupakan faktor yang lebih dominan sebagai
penyebab perilaku bullying siswa dan berada pada kategori rendah. 3) Peranan
guru BK/konselor untuk mengatasi perilaku bullying siswa dapat dikategorikan
tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa guru BK/konselor lebih
berupaya dalam mengatasi perilaku bullying siswa SMP N 3 Lubuk Basung.
Berdasarkan hasil temuan disarankan kepada guru BK/konselor:
1)Mengindentifikasi siswa-siswa yang terindikasi melakukan tindakan bullying
maupun menjadi korban perilaku bullying agar mendapat penanganan dengan
tepat. 2)Memberikan pengawasan terhadap kondisi pergaulan siswa dan
bimbingan kepada anggota keluarga berkaitan dengan perilaku bullying. 3)Untuk
dapat tetap memberikan layanan layanan yang tepat guna dalam membantu siswa
terhindar dan terlepas dari perilaku bullying baik itu sebagai pelaku maupun
sebagai korban
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERILAKU BULLYING |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 09:18 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 09:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16338 |