Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 15 Sungai Limau. Kab. Padang Pariaman.

Zahlia, Irma (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 15 Sungai Limau. Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IRMA_ZAHLIA_1108340_1770_2016.pdf] Text
B1_6_IRMA_ZAHLIA_1108340_1770_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru belum melibatkan siswa dengan kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS
dengan menggunakan model Kooperatif tipe STAD di Kelas V SDN 15 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Empat tahapyang dilakukan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 15 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembaran observasi dan lembaran
tes.Data penelitian berupa informasi tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi dan tes akhir pembelajaran.
Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, peningkatan dapat dilihat dari perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 76,7% dengan kriteria baik, pada siklus II mengalami peningkatan 92,8% dengan kriteria sangat baik. Pada aspek guru siklus I diperoleh hasil 78,4% dengan kriteria baik, pada siklus II mengalami peningkatan 94,3%
dengan kriteria sangat baik. Pada aspek siswa siklus I diperoleh hasil 72,7% dengan kriteria baik, pada siklus II mengalami peningkatan 94,3% dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata – rata 68,3% dengan kriteria cukup pada siklus II mengalami peningkatan 81,7% dengan kriteria baik Dari hasil penelitian terungkap bahwa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil
belajar siswa di Kelas V SDN 15 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:15
Last Modified: 22 Jul 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16319

Actions (login required)

View Item
View Item