Fahmesvi, Bunga (2020) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Teks Puisi Rakyat di SMP Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_BUNGA_FAHMESVI_16016092_1998_2020.pdf [thumbnail of B1_01_BUNGA_FAHMESVI_16016092_1998_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_BUNGA_FAHMESVI_16016092_1998_2020.pdf
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat meliputi
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Kedua, mendeskripsikan
faktor penghambat dan pendukung pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP
Negeri 8 Padang yang bermuatan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan metode kombinasi desain concurent triangulation.
Instrumen penelitian ini terdiri atas empat, yaitu pedoman observasi kegiatan guru
mengajar, wawancara, angket penelitian, dan pedoman analisis dokumen. Teknik
penganalisisan data dilakukan dengan 3 prosedur, yaitu (1) analisis deskriptif, (2)
analisis deskriptif kualitatif, dan (3) membuat simpulan.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan disimpulkan beberapa hal.
Pertama, secara keseluruhan perencanaan pembelajaran yang bermuatan karakter
dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang, yaitu
silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup unsur-unsur yang
bermuatan pendidikan karakter dengan memfokuskan pada tiga nilai karakter,
yaitu nilai religius, kreatif, dan kerjasama.
Kedua, secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran yang bermuatan
karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang,
yaitu (1) kegiatan pendahuluan yang bermuatan pendidikan karakter mencakup 4
kegiatan dengan tingkat capaian sebesar 80,31% kategori baik, (2) kegiatan inti
yang bermuatan pendidikan karakter dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP
Negeri 8 Padang mencakup 13 kegiatan dengan tingkat capaian sebesar 77,43%
kategori baik, (3) kegiatan penutup yang bermuatan pendidikan karakter dalam
pembelajaran teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang mencakup 5 kegiatan
dengan sebesar 78,04% kategori baik.
Ketiga, penilaian pembelajaran yang bermuatan karakter dalam
pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang berdasarkan
penelitian diketahui bahwa sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dari
penilaian yang bermuatan pendidikan karakter, yaitu angket penelitian tentang
implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran menulis teks puisi rakyat
di SMP Negeri 8 Padang sebesar 78,28% dengan kategori baik.
Keempat, faktor pendukung implementasi pendidikan karakter dalam
pembelajaran menulis teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang terdiri atas 3,
yaitu (1) program pendidikan karakter di dalam kelas, dan (2) berkomunikasi dan
berkolaborasi dalam kelompok saat pembelajaran menulis teks puisi rakyat.
Kelima,
faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam
pembelajaran teks puisi rakyat di SMP Negeri 8 Padang terdiri atas 2, yaitu (1)
kurangnya keterampilan guru, dan (2) kebiasaan buruk yang mengganggu
kelancaran pembelajaran menulis teks puisi rakyat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 03:38 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1631 |