Faktor-faktor Penghambat Proses Pembelajaran Seni Musik di SMP N 25 Padang

Suherlin, Teguh (2015) Faktor-faktor Penghambat Proses Pembelajaran Seni Musik di SMP N 25 Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TEGUH_SUHERLIN_54732_1425_2015.pdf] Text
final_B1_6_TEGUH_SUHERLIN_54732_1425_2015.pdf

Download (845kB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang faktor-faktor penghambat proses pembelajaran seni budaya khususnya pembelajaran seni musik di SMP N 25 Padang, tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek penelitian adalah guru seni budaya dan faktor faktor yang menghambat proses pembelajaran di SMP N 25.
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP N 25 Padang, peneliti menemukan sebuah maslah yang menghambat proses pembelajaran seni budaya khususnya seni musik yang perlu di perbaiki. Peneleliti melihat bahwa pembelajaran seni budaya di SMP N 25 Padang sering terabaikan, yang di sebabkan oleh ketidak mampuan guru dalam menyusun strategi pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik untuk memngikuti kegiatan pembelajaran dan pemberian tugas lain oleh kepala sekolah kepada guru diluar tugas utamanya yang sealalu menyita waktu guru dalam mengajar, serta tidak tumbuhnya rasa tanggung jawab guru terhadap tugasnya sebagai seorang pendidik, hal ini berpengaruh kepada respon/minat siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Secara umum, hasil penelitian yang diperoleh adalah semua penghambat dalam PBM seni musik yang mempengaruhi kelancaran proses pembelajaran seni musik. Namun, faktor pengahambat didalam pembelajaran seni musik mendominan pada guru itu sendiri, yang disebabkan karena banyaknya tugas yang diemban guru diluar tugas utamanya dalam mengajar yang ikut mempengaruhi kelancaran proses pembelajaran seni budaya khususnya seni musik. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru seni musik belum melakukan tindakan positif untuk mengatasi kondisi pembelajaran yang seperti ini. Melihat hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa permasalahan pembelajaran adalah masalah yang kompleks dan benar-benar harus diperhatikan. Oleh karenanya, sekecil apapun penghambatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran harus diperhatikan. Karena guru adalah seseorang yang memegang kendali utama terhadap keberhasilan pembelajaran yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Seni Musik, Faktor Penghambat, Strategi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:45
Last Modified: 22 Jul 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item
View Item