Anggraini, Silfia (2017) Pengaruh Permainan Lingkaran Warna-Warni Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Halim Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_SILFIA_ANGGRAINI_1305264_569_2017.pdf [thumbnail of B1_07_SILFIA_ANGGRAINI_1305264_569_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_SILFIA_ANGGRAINI_1305264_569_2017.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari keinginan peneliti untuk mencobakan suatu permainan yang baru terhadap kemampuan motorik kasar anak, salah satu permainan yang ingin dicoba peneliti yaitu permainan lingkaran warna-warni (berjalan dengan berjinjit, berlari sambil melompat, melompat dengan satu kaki dan melompat dengan menirukan gerakan binatang). Permainan lingkaran warnawarni belum pernah dilaksanakan kegiatannya dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak khususnya anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan lingkaran warna-warni terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Islam Nurul Halim Padang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Islam Nurul Halim Padang, sampel adalah B2 dengan jumlah anak 18 anak di kelas eksperiman dan 18 anak di kelas kontrol dan teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak empat butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan dokumentasi dan observasi. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 73,26 dan SD sebesar 9,72 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 62,84 dan SD sebesar 7,64. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar dan ttabel sebesar 2,03224 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 34. Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimen yang menggunakan permainan Lingkaran Warna-warni memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan permainan Lompat Tali. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh lebih besar daripada menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan lingkaran warnawarni berpengaruh terhadap kemampuan motorik kasar anak di Taman Kanakkanak Islam Nurul Halim Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Edukatif, Lingkaran Warna-Warni, Motorik Kasar, Anak Usia Dini, Pendidikan Anak, Taman Kanak-Kanak, TK Islam Nurul Halim, Perkembangan Fisik Anak, Stimulasi Motorik, Kota Padang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:24 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16271 |