Pengaruh Penggunaan Media Chart Terhadap Hasil Belajar di SMP Negeri 2 Painan Pesisir Selatan

Pradipa, Kasih Elsa (2016) Pengaruh Penggunaan Media Chart Terhadap Hasil Belajar di SMP Negeri 2 Painan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KASIH_ELSA_PRADIPA_1201172_4811_2016.pdf] Text
B1_6_KASIH_ELSA_PRADIPA_1201172_4811_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmelihat Perbedaan Penggunaan Media Gambar
(Chart) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Painan Pesisir
Selatan.Penelitian ini diawali dengan observasi di sekolah bahwa hasil belajar seni
budaya belum maksimal.Di lihat dari nilai Rata-rata siswa yang masih di bawah
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini terlihat dari media pembelajaran yang
tidak bervariasi seperti tape recoder dan media konfensional yang terus di gunakan
guru saat pembelajaran berlangsung, akibatnya di dalam kegiatan pembelajaran gerak
dasar tari, lebih banyak siswa yang pasif dari pada yang aktif, untuk itu peneliti
mencoba menggunakan media gambar(chart) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah perbedaan pengunaan
media gambar (chart) terhadap hasil belajar siswa di SMP negeri 2 Painan Pesisir
Selatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy
eksperimen. Populasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Painan Pesisir Selatan
berjumlah 150 orang anak terbagi dalam 7 pada kelas VIII sampling purposive, yaitu
kelas VIII
1
dan kelas VIII
2
masing-masingnya berjumlah 20 orang siswa. Teknik
pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 7 butir pernyataan dan
alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan.Kemudian data diolah dengan
uji perbedaan (t-test).

Hasil penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen yang menggunakan media chart memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 79,6
jika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan media
konvensional. Berdasarkan perhitungan t-test pada saat posttest diperoleh
lebih besar dari menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara
kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
chart memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri
2 Painan Pesisir Selatan tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:37
Last Modified: 22 Jul 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16266

Actions (login required)

View Item
View Item