Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Anai

Ardinanto, Ardinanto (2011) Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ARDINANTO_94242_2011.pdf] Text
B1_5_ARDINANTO_94242_2011.pdf

Download (248kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di
lapangan yaitu di SMA Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, masih
banyaknya siswa kelas XI yang memperoleh hasil belajar di bawah standar
kriteria minimum (KKM) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70 dengan rentangan 0 - 100.
Adapun tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Batang Anai pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian
adalah data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas
XI SMA Negeri 1 Batang Anai Tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 240 orang
siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik
purposive sampling. Data dianalisis secara manual dengan uji normalitas sebaran
data, uji homogenitas varians dan uji hipotesis. Dari hasil analisis diperoleh nilai
thitung = 2,78 > ttabel = 1,705, hasil penelitian ini menggambarkan bahwa hasil
belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa setelah menggunakan
pembelajaran kolaboratif model Jigsaw lebih baik dari pada model pembelajaran
konvensional, karena nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas kriteria
ketuntasan minimum yaitu sebesar 72,88. Di mana rata-rata hasil belajar kelas
kontrol sebesar 66,7. Dengan demikian maka disimpulkan bahwa secara
signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata
kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar TIK, Purposive sampling dan Jigsaw
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:35
Last Modified: 22 Jul 2025 07:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16252

Actions (login required)

View Item
View Item