Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara.

Daulay, Ardiansyah (2016) Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ARDIANSYAH_DAULAY_1105615_1335_2016.pdf] Text
B1_5_ARDIANSYAH_DAULAY_1105615_1335_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya interaksi sosial siswa yang kurang baik yang ditemui di sekolah seperti, ada beberapa siswa yang berbicara tidak sopan saat berinteraksi dengan sesama siswa, ada siswa tidak mengerjakan tugas, ada siswa yang tidak sopan saat berbicara kepada guru, dan ada siswa meniru cara berpakaian teman yang tidak sesuai dengan peraturan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial dan hasil belajar siswa serta hubungan interaksi sosial dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara.
Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis statistik korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 334 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling. Jumlah sampel diperoleh sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Sedangkan untuk data hasil belajar diambil dari leger nilai siswa semster ganjil tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Interaksi sosial memberikan sumbangan yang signifikan terhadap hasil belajar dalam kategori sedang. (2) Perolehan hasil belajar siswa berada pada persentase frekuensi 96% yang berada pada kategori Baik. (3)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ulu Barumun kabupaten Padang lawas Sumatera Utara Tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa Interaksi sosial mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru mata pelajaran dan guru BK/Konselor harus bekerja sama dalam hal meningkatkan interaksi sosial siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial, Hasil belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:35
Last Modified: 22 Jul 2025 07:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16246

Actions (login required)

View Item
View Item