Ramayanti, Suci (2014) Pengaruh LKS Konstruktivis dalam Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap Kompetensi Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SUCI_RAMAYANTI_96903_731_2014.pdf [thumbnail of B1_5_SUCI_RAMAYANTI_96903_731_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SUCI_RAMAYANTI_96903_731_2014.pdf
Download (791kB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan fakta dilapangan yakni SMAN 1 Sungai Tarabdimana siswa belajar hanya mengandalkan materi yang disampaikan gurusehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini sangatberdampak pada rendahnya kompetensi belajar siswa. Cara untuk mengatasikeadaan tersebut adalah menggunakan perangkat berupa LKS Kontruktivis. LKSini akan digunakan dalam model pembelajaran Kooperatif tipe SnowballThrowing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Lembar Kerja Siswa(LKS) Konstruktivis dalam Model Pembelajaran Kooperatif tipe SowballThrowing Terhadap Kompetensi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 SungaiTarab. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu“(Quasi Experiment Research)” dengan rancangan “Randomized Control GroupOnly Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 SungaiTarab yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 8 kelas.Pengambilan sampel dengan teknik Claster Random Sampling, terpilih kelas X.2sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol. Data penelitianmeliputi Kompetensi belajar dari ranah kognitif dan ranah afektif. Instrumenpenelitian berupa lembaran tes hasil belajar dan format observasi ranah afektif.Data yang diperoleh dianalisis melalui uji hipotesis tentang kesamaan dua ratarata. Berdasarkan analisis uji hipotesis didapatkan data penilaian kompetensibelajar fisika siswa yakni; diperoleh rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol pada taraf signifikan 0,05, baik pada ranah kognitif maupunranah afektif. Kesimpulan hasil penelitian ini dinyatakan bahwa Lembar KerjaSiswa (LKS) Konstruktivis dalam Model Pembelajaran Kooperatif tipe SowballThrowing berpengaruh yang berarti terhadap kompetensi belajar fisika siswa kelasX SMAN 1 Sungai Tarab.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS KONSTRUKTIVIS, PEMBELAJARAN KOOPERATIF |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 04:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 04:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16154 |