Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Siswa Kelas VII di SMP N 1 X (Sepuluh) Koto

Hayati, Aprilia Tania (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Siswa Kelas VII di SMP N 1 X (Sepuluh) Koto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_APRILIA_TANIA_HAYATI_94261_2011.pdf] Text
B1_5_APRILIA_TANIA_HAYATI_94261_2011.pdf

Download (292kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan
dilapangan yaitu di SMP N 1 X Koto, masih banyaknya siswa kelas VII yang
memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 60 dengan
rentangan 0 - 100. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada
tidaknya perbedaan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif
model Teams Games Tournament (TGT) dengan pembeljaran secara konvensional
pada siswa kelas VII di SMP N 1 X Koto.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis data yang
diperlukan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Adapun data
primer adalah data yang diperoleh langsung dari hasil belajar siswa dalam kelas,
sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari guru mata
pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII di SMP N 1 X Koto sebanyak 139 orang siswa. Sedangkan
teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling.
Data dianalisis secara manual dengan uji normalitas sebaran data, uji homogenitas
varians dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa hasil belajar Teknologi
Informasi dan Komunikasi siswa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif
model Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada model pembelajaran
konvensional karena nilai rata-rata sudah diatas kriteria ketuntasan
minimum.Hasil analisis diperoleh thitung sebesar 2,37 dan ttabel sebesar 2,0462 pada
taraf 2,5% dengan demikian t0 = 2,37 > tt =2,0462 maka hipotesis nol (Ho)
ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih
besar dari pada rata-rata kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), dan TIK
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:16
Last Modified: 22 Jul 2025 04:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16146

Actions (login required)

View Item
View Item