Septiani, Annisa (2013) Pengembangan Bahan Ajar CD Interaktif Berbentuk PowerPoint pada Materi Suhu dan Kalor untuk Pembelajaran Fisika Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ANNISA_SEPTIANI_12748_2682_2013.pdf [thumbnail of B1_5_ANNISA_SEPTIANI_12748_2682_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ANNISA_SEPTIANI_12748_2682_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut guru untuk mampu mengembangkan perangkat pembelajaran sendiri, salah satunya adalah bahan ajar. Pada umumnya sekolah menggunakan bahan ajar dalam bentuk cetak, seperti buku ajar, lembar kerja siswa dan modul. Sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi, dibutuhkan bahan ajar yang bisa membantu guru mengembangkan kemampuan dan fasilitas komputer. Komputer sangat membantu dalam pembuatan bahan ajar, salah satunya bahan ajar CD interaktif. Konsep fisika yang abstrak dapat menjadi lebih mudah dipahami siswa menggunakan animasi yang menarik pada CD interaktif ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar CD interaktif berbentuk powerpoint pada materi Suhu dan Kalor yang valid, praktis, dan efektif digunakan di dalam pembelajaran fisika kelas X SMA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan four-D model yang terdiri atas empat tahap, yaitu define, design, develop dan disseminate. Tahap disseminate tidak dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba terbatas bahan ajar yang dikembangkan. Rancangan bahan ajar yang telah didesain, divalidasi oleh tiga orang dosen fisika dan satu orang guru fisika, kemudian di uji coba secara terbatas di Kelas X.5 SMAN 1 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman untuk mengetahui praktikalitas dan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan.
Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan tiga hasil penelitian. Pertama, nilai validitas oleh tenaga ahli memiliki validitas tinggi nilai rata-rata 89,53 pada kategori sangat valid. Kedua, nilai praktikalitas bahan ajar fisika CD interaktif menurut guru Fisika sebagai praktisi adalah 100 dan nilai praktikalitas menurut siswa 89,2, keduanya berada pada kategori sangat praktis. Ketiga, penggunaan bahan ajar CD interaktif adalah sangat efektif yang disimpulkan dari nilai rata-rata angket efektifitas adalah 89,42 dan ditandai dengan peningkatan hasil belajar fisika siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar CD interaktif berbentuk powerpoint pada materi Suhu dan Kalor sangat valid, praktis dan efektif digunakan di dalam pembelajaran fisika kelas X SMA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16096 |