Fitri, Julia (2020) Pengaruh Teknik Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_JULIA_FITRI_16016074_1693_2020.pdf [thumbnail of B1_01_JULIA_FITRI_16016074_1693_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_JULIA_FITRI_16016074_1693_2020.pdf
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga.Pertama, mendeskripsikan keterampilan
menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 11Padang sebelum
menggunakan teknik TTW berbantuan media gambar berseri.Kedua,
mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri
11 Padang sesudah menggunakan teknik TTW berbantuan media gambar
berseri.Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik TTW berbantuan media
gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP
Negeri 11 Padang.
Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode ekperimen untuk melihat perlakuan tertentu terhadap suatu
kondisi.Rancangan atau desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah one group pretest and posttest design. Rancangan ini menggunakan satu
kelompok subjek dalam kelas tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis sesudah
menggunakan teknik TTW berbantuan media gambar berseri berada pada
kualifikasi baik (B) dengan rata-rata nilai 81,51 (melebihi KKM yang telah
ditentukan), sedangkan keterampilan menulis sebelum menggunakan teknik TTW
berbantuan media gambar berseri berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata
rata nilai 76,95 (di bawah KKM).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknik
pembelajaran TTW berbantuan media gambar berseri tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP
Negeri 11 Padang.Hal itu terlihat dari besaran angka yang diperoleh sebelum dan
sesudah menggunakan gambar berseri tidak jauh berbeda, yaitu 4,56.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 03:15 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1608 |