Ayuni, Armelia (2021) Perbedaan Pemahaman Siswa Sekolah Menengah Atas Tentang Pendidikan Lanjutan Berdasarkan Jenis Kelamin dan Kelas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ARMELIA_AYUNI_3981_16006004_2021.pdf [thumbnail of B1_05_ARMELIA_AYUNI_3981_16006004_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ARMELIA_AYUNI_3981_16006004_2021.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh individu yang memiliki pemahaman
tentang pendidikan lanjutan yang baik akan mampu untuk memilih dan
memutuskan pilihan pendidikan lanjutannya sendiri. Namun pada kenyataannya
masih banyak individu yang belum memiliki pemahaman tentang pendidikan
lanjutan. Tinggi rendahnya pemahaman pendidikan lanjutan siswa dapat
dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah jenis kelamin dan kelas.
Laki-laki dan perempuan, kelas X, XI, dan XII tentunya memiliki keterampilan,
keunggulan, dan kelemahan dalam perihal pemahaman pendidikan lanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman
tentang pendidikan lanjutan berdasarkan jenis kelamin dan kelas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 868 orang siswa SMA Negeri 15 Padang
yang terdaftar pada semester Januari-Juni tahun ajaran 2021 dengan sampel
penelitian sebanyak 274 orang siswa yang dipilih dengan teknik Stratifed Random
Sampling dan Propotional Random Sampling yang terdiri dari 121 orang siswa
laki-laki dan 153 orang siswa perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan instrumen pemahaman pendidikan lanjutan model skala likert
dengan reliabilitas 0,960 . Kemudian Data yang dikumpulkan dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis dengan statistik deskriptif dan analisis uji beda (Ttest)
dengan taraf signifikansi 5% (=0,05)
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pertama, pemahaman
pendidikan lanjutan berdasarkan jenis kelamin berada pada kategori paham.
Kedua, pemahaman pendidikan lanjutan berdasarkan kelas berada pada kategori
paham. Ketiga, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman
pendidikan lanjutan siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMA N 15 Padang.
Keempat tidak terdapat perbedaan pemahaman pendidikan lanjutan antara siswa
kelas X dan XI; sementara antara kelas XI dan XII terdapat perbedaan yang
signifikan pemahaman mereka tentang pendidikan lanjutan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Lanjutan Pendidikan berdasarkan gender |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16056 |