Kontribusi Lingkungan Belajar dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Rangkaian Listrik Teknik Otomasi Kelas X SMK Negeri 1 Pariaman.

Zulkifli, Arif (2016) Kontribusi Lingkungan Belajar dan Cara Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Rangkaian Listrik Teknik Otomasi Kelas X SMK Negeri 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ARIF_ZULKIFLI_06203_4700_2016.pdf] Text
B1_05_ARIF_ZULKIFLI_06203_4700_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar kontribusi lingkungan belajar dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 70 orang dan sampel berjumlah 42 siswa Teknik Otomasi Kelas X pada mata diklat rangkaian listrik SMK Negeri 1Pariaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara teknik proportional random sampling. Data mengenai hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata diklat rangkaian listrik SMKN 1 Pariaman . Sedangkan data lingkungan belajar dan cara belajar siswa dikumpulkan melalui angket yang disebar kepada mahasiswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan releabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) lingkungan belajar berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata diklat rangkaian listrik Teknik Otomasi SMK Negeri 1Pariaman sebesar 18,83%, (2) cara belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata diklat rangkaian listrik Teknik Otomasi SMK Negeri 1Pariaman sebesar 26,01%, (3) lingkungan belajar dan cara belajar berkontribusi secara bersama-sama secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X mata diklat rangkaian listrik Teknik Otomasi SMK Negeri 1Pariaman sebesar 45,6%. Jadi dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar dan cara belajar siswa berkontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata diklat rangkaian listrik Teknik Otomasi SMK Negeri 1Pariaman, semakin meningkat dukungan dari lingkungan belajar dan semakin meningkat cara belajar, maka semakin tinggi hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar Cara Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:09
Last Modified: 22 Jul 2025 03:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16034

Actions (login required)

View Item
View Item