Sari, Suci Yolanda Purnama (2012) Penerapan Strategi Problem Solving Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Fisika di Kelas XI SMA Negeri 1 Painan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SUCI YOLANDA PURNAMA SARI_86248_2012.pdf [thumbnail of B1_5_SUCI YOLANDA PURNAMA SARI_86248_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SUCI YOLANDA PURNAMA SARI_86248_2012.pdf
Download (198kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa masih rendahnya hasilbelajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Painan. Rendahnya hasil belajar diantaranyadisebabkan karena ketika siswa diberikan tugas berupa soal-soal latihan, siswatidak tahu langkah apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan juga tidak dapatmenerapkan konsep-konsep fisika yang telah mereka peroleh untukmenyelesaikan soal-soal latihan. Akibatnya tugas-tugas yang diberikan gurucenderung dikerjakan siswa dengan menyontek ke teman-teman lain. Salah satusolusi dari permasalahan di atas adalah dengan menggunakan penerapan strategiproblem solving menggunakan mind mapping dalam proses pembelajaran.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapanstrategi problem solving menggunakan mind mapping dalam pembelajaran fisikaterhadap hasil belajar fisika di kelas XI SMA Negeri 1 Painan.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancanganpenelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian iniadalah semua siswa pada kelas XI SMA Negeri 1 Painan yang terdaftar padatahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster RandomSampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tertulisuntuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif. Data yangdiperoleh dianalisis menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji tpada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah afektif .Dari kegiatan penelitian yang dilakukan didapatkan data penilaian hasilbelajar fisika siswa pada dua ranah. Pertama, ranah kognitif diperoleh rata-ratakelas eksperimen 83,06 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 75,72. Dengan ujistatistik uji t didapatkan thitung = 4,72 dan ttabel = 1,67. Begitu juga dengan ranahafektif , didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 76,43 lebih tinggi dari kelaskontrol yaitu 71,83, sedangkan nilai thitung = 2,00 dan t tabel = 1,67. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapanstrategi problem solving menggunakan mind mapping dalam pembelajaran fisikaterhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Painan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PROBLEM SOLVING, MIND MAPPING, PEMBELAJARAN FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:04 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15999 |