Pengaruh Penerapan LKS Fisika Berbasis Model Pembelajaran Novick terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 8 Padang.

Belia, Stavini (2014) Pengaruh Penerapan LKS Fisika Berbasis Model Pembelajaran Novick terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_STAVINI_BELIA_96907_757_2014.pdf] Text
B1_5_STAVINI_BELIA_96907_757_2014.pdf

Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya penggunaan bahanajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar daripengalaman kongkrit dan menemukan konsep sendiri, sehingga belum mampumendorong siswa untuk ikut serta dalam menemukan konsep fisika. Salah satubahan ajar yang digunakan disekolah, yaitu Lembar Kegiatan Siswa (LKS).Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan LKS Fisika berbasismodel pembelajaran Novick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 8Padang.Populasi penelitian eksperimen semu dengan rancangan RandomizedControl Group Only Design adalah semua kelas VIII SMP N 8 Padang yangterdaftar pada Tahun Pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukandengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII A dankelas VIII B. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk hasil belajar ranahkognitif, format observasi untuk hasil belajar ranah afektif, dan rubrikpenskoran untuk hasil belajar ranah psikomotor. Teknik analisis datamenggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif, afektif, danpsikomotor.Hasil penelitian yang diperoleh dari setiap ranah untuk kriteriapenerimaan Ho –t(1-1/2 α) < t < t(1-1/2 α), dengan nilai ttabel untuk setiap ranahadalah 2,01. thitung pada ranah kognitif adalah 2,20; thitung pada ranah afektifadalah 3,49; thitung pada ranah psikomotor adalah 2,26. Dengan demikian, thitungberada di luar daerah penolakan Ho sehingga Hi dapat diterima. Jadi, hasilpenelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan LKS Fisika berbasismodel pembelajaran Novick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 8Padang pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor serta dapat diterima padataraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN NOVICK, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 22 Jul 2025 00:55
Last Modified: 22 Jul 2025 00:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15975

Actions (login required)

View Item
View Item