Sari, Imelda Eka Agus (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 11 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_IMELDA_EKA_AGUS_SARI_01355_584_2013.pdf [thumbnail of B1_6_IMELDA_EKA_AGUS_SARI_01355_584_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_IMELDA_EKA_AGUS_SARI_01355_584_2013.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih berpusat kepada guru. Sehingga berlangsung pembelajaran IPS yang membosankan. Selain itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SD Negeri 11 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dimana subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 11 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi. Sumber data adalah pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan langkah-langkah PBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Perencanaan siklus I pertemuan I dengan persentase 67,86 %, pertemuan II adalah 82,14 % dan siklus II adalah 96,43 %. b) pelaksanaan siklus I pertemuan I dari aspek guru adalah 69,11 %, pertemuan II adalah 79,41 % dan siklus II adalah 82,35 %. Pelaksanaan dari aspek siswa pada siklus I pertemuan I adalah 61,76 %, pertemuan II adalah 75 % dan siklus II adalah 89,71 %. c) hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I 68,26%, pertemuan 2 adalah 70,71 % dan siklus II adalah 85,32 %. Dengan demikian, model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 11 Bukit Apit Puhun Kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, MODEL PROBLEM BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 00:55 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 00:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15973 |