Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pahambatan Balingka Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam

Imelda, Imelda (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Pahambatan Balingka Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_IMELDA_93791_2490_2012.pdf] Text
B1_6_IMELDA_93791_2490_2012.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 11 Pahambatan Balingka ditemui permasalahan, selama ini guru belum menggunakan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran, guru lebih mendominasi pembelajaran tanpa mengikut sertakan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hal ini sangat berdampak sekali bagi siswa, siswa merasa pembelajaran IPS kurang bermakna, siswa terlihat pasif, tanpa melibatkan proses berfikirnya secara kritis untuk menemukan sendiri suatu konsep dalam pembelajaran dan siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan idenya untuk memecahkan suatu permasalahan dalam pembelajaran, yang berakibat rendahnya hasil belajar IPS siswa. Untuk itu, diadakanlah suatu penelitian tindakan kelas, tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 11 Pahambatan Balingka, dengan penggunaan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang dapat membantu siswa mengajarkan keterampilan dasar untuk memperoleh informasi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 11 Pahambatan Balingka, dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis (PTK), Penelitian dilakukan dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat, baik dari kemampuan guru dalam merancang pembelajaran dari 83% mencapai tingkat peningkatan 96%, aktivitas guru siklus I 73% dan siklus II 92%, aktivitas siswa dari 71% mengalami peningkatan menjadi 90%. Dan dari ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran langsung adalah 13%, setelah diadakan tindakan siklus I pertemuan I terjadi peningkatan yaitu 69%, dan pada siklus I pertemuan II masih terjadi peningkatan yaitu 81% dan pada Siklus II pertemuan I adalah 84% dan terakhir pada siklus II pertemuan II menunjukkan hasil yang lebih baik lagi yaitu 94%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD N 11 Pahambatan Balingka

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS, MODEL PEMBELAJARANLANGSUNG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 22 Jul 2025 00:55
Last Modified: 22 Jul 2025 00:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15972

Actions (login required)

View Item
View Item