Gusria, Hutri (2012) Perbedaan Mutu Belajar Mahasiswa Reguler dan Reguler Mandiri BK FIP UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_HUTRI GUSRIA_04232_6412_2012.pdf [thumbnail of B1_5_HUTRI GUSRIA_04232_6412_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_HUTRI GUSRIA_04232_6412_2012.pdf
Download (212kB)
Abstract
Mutu merupakan suatu yang utama dalam meraih kesuksesan. Mutu
belajar mahasiswa sangat penting untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan
dalam belajarnya meliputi mencatat pelajaran, menyelesaikan tugas dan persiapan
menghadapi ujian. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana
perbedaan mutu belajar mahasiswa reguler dan reguler mandiri BK FIP UNP.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif komparatif.
Populasi penelitian adalah mahasiswa BK FIP UNP tahun 2009, 2010, 2011
dengan jumlah 446 orang mahasiswa. sample dalam penelitian ini sebanyak 211
orang mahasiswa. (111 mahasiswa reguler dan 100 orang mahasiswa reguler
mandiri) yang dipilih dengan teknik Purposive Random Sampling. Insrumen yang
digunakan adalah angket. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan
angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product
Moment dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution for
Windows Release 15.00.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) mutu belajar mahasiswa reguler
BK FIP UNP dikategorikan cukup baik. 2) mutu belajar mahasiswa reguler
mandiri BK FIP UNP tergolong kurang baik. Terdapat perbedaan yang signifikan
antara mutu belajar mahasiswa reguler dengan reguler mandiri dilihat dari aspek
mencatat pelajaran , menyelesaikan tugas dan persiapan mengikuti ujian.
Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada mahasiswa agar
dapat meningkatkan mutu belajarnya. dan bagi mahasiswa reguler mandiri agar
dapat meningkatkan mutu belajar dengan baik khususnya pada mutu mencatat
pelajaran, menyelasaikan tugas dan persiapan menghadapi ujian. Kepada dosen
mata perkuliahan agar ikut berperan membina mutu belajar mahasiswa melalui
mata perkuliahan yang dibina dengan cara mengadakan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MUTU BELAJAR MAHASISWA REGULER |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:56 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15943 |