Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada Kelas IV SD Negeri 12 Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara

Nofrizarni, Yosi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Group Investigation pada Kelas IV SD Negeri 12 Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YOSI_NOFRIZARNI_57020_1481_2013.pdf] Text
final_B1_6_YOSI_NOFRIZARNI_57020_1481_2013.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran guru kurang berusaha untuk merumuskan dan menegaskan masalah pembelajaran dan guru tidak berusaha mencari fakta pendukung dalam merumuskan hipotesis pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran,kurangnya usaha guru mengadakan pengujian atau verifikasi terhadap hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatanCooperative Learning Tipe Group Investigationdi Kelas IV SD Negeri 12 Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Sumber data adalah proses penerapan pendekatan Cooperative Learning tipe Group Investigationdalam meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SDN 12 Ulak Karang Utara Kecamatan Padang Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pendekatan Cooperative Learning Tipe Group Investigationdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil perencanaan pembelajaran siklus I pertemuan I yaitu 68% , pertemuan II yaitu 82% , siklus II pertemuan I mengalami peningkatan menjadi 89% . Hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan I yaitu 73% , pertemuan II yaitu 88%, pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan menjadi 93%. Dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan I yaitu 69% dengan kualifikasi cukup, pada pertemuan II yaitu 89%,dan pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan menjadi 92%. Hasil rekapitulasi belajar siswa siklus I Pertemuan I yaitu 64%, pertemuan II yaitu 71%, siklus II pertemuan I mengalami peningkatan menjadi 79%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Group Investigation dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 12 Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Pembelajaran PKn, Metode Pembelajaran Kooperatif, Peningkatan Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:56
Last Modified: 21 Jul 2025 08:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15942

Actions (login required)

View Item
View Item