Komunikasi Interpersonal Siswa Berdasarkan Norma Kebudayaan di Minangkabau dan Upaya Guru BK/Konselor dalam Mengembangkannya

Yusefi, Vitrapriloni (2015) Komunikasi Interpersonal Siswa Berdasarkan Norma Kebudayaan di Minangkabau dan Upaya Guru BK/Konselor dalam Mengembangkannya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_VITRAPRILONI_YUSEFI_17251_1094_2015.pdf] Text
B1_5_VITRAPRILONI_YUSEFI_17251_1094_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang mampu memberikan
respon yang baik kepada komunikan, dapat bersikap empati terhadap orang lain,
konsisten, terbuka, dan menguasai ragam komunikasi. Berdasarkan hasil
wawancara terungkap bahwa siswa terkadang mengabaikan norma kesopanan saat
berbicara dan kurang baiknya kemampuan siswa dalam melakukan komunikasi
interpersonal di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan
komunikasi interpersonal siswa berdasarkan norma komunikasi yang ada di
Minangkabau, serta mendeskripsikan upaya yang telah dilakukan guru Bimbingan
dan Konseling/Konselor (guru BK/Konselor) dalam mengembangkan komunikasi
interpersonal yang baik bagi siswa di SMA Negeri 11 Padang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan
XII yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 669 siswa dengan
sampel sebanyak 82 orang. Sampel dipilih dengan teknik stratified random
sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan teknik
persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam
menguasai dasar-dasar berkomunikasi berada pada kategori cukup baik, (2)
kemampuan siswa dalam menerapkan norma komunikasi di Minangkabau berada
pada kategori cukup baik, (3) kemampuan siswa dalam menerapkan komunikasi
interpersonal berdasarkan norma komunikasi di Minangkabau berada pada
kategori cukup baik, dan (4) upaya guru BK/Konselor dalam mengembangkan
komunikasi interpersonal yang efektif berada pada kategori baik. Berdasarkan
temuan penelitian ini, disarankan kepada guru BK/Konselor untuk dapat melatih
keterampilan dasar berkomunikasi siswa, memberikan layanan informasi tentang
etika dalam berbicara di Minangkabau, serta layanan penguasaan konten tentang
cara berkomunikasi dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:54
Last Modified: 21 Jul 2025 08:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15933

Actions (login required)

View Item
View Item