Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Memahami Konsep Dasar Listrik dan Elektronika (MKDLE) Kelas X TAV Di SMKN 5 Padang.

Srihanibpah, Srihanibpah (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Memahami Konsep Dasar Listrik dan Elektronika (MKDLE) Kelas X TAV Di SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_SRIHANIBPAH_1207467_3020_2014.pdf] Text
B1_5_SRIHANIBPAH_1207467_3020_2014.pdf

Download (666kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar denganmenerapkan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD)dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran memahami konsepdasar listrik dan elektronika (MKDLE) kelas X TAV semester genap SMKN 5Padang Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini bersifat quasi experimental.Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan samplingpurposive, sebagai kelas kontrol adalah XE3 menggunakan model pembelajaranlangsung dan kelas eksperimen adalah XE1 menggunakan model pembelajaranstudent teams achievement divisions (STAD).Teknik pengumpulan data dari posttest, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 77,3,sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 69,87. Hasil perhitunganhipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (3,546 >1,672), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesisalternatif (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran studentteams achievement divisions (STAD) lebih baik dibandingkan dengan modelpembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF, HASIL BELAJAR, KONSEP DASAR LISTRIK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:52
Last Modified: 21 Jul 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15924

Actions (login required)

View Item
View Item