Nandiya, Vipi (2013) Persepsi Siswa tentang Tindakan Tegas Mendidik yang diberikan Guru BK kepada Siswa yang Melanggar Peraturan Sekolah di SMP Negeri 24 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_VIPI_NANDIYA_04172_1644_2013.pdf [thumbnail of B1_5_VIPI_NANDIYA_04172_1644_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_VIPI_NANDIYA_04172_1644_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tindakan tegas yang mendidik adalah upaya pendidik untuk mengubah
tingkah laku peserta didik yang kurang dikehendaki melalui penyadaran peserta
didik atas kekeliruan dengan tetap menjunjung tinggi harkat martabat manusia dan
hubungan baik antara pendidik dengan peserta didik. Di SMP Negeri 24 Padang
guru BK telah memberikan tindakan tegas mendidik, akan tetapi perubahan yang
terjadi pada siswa hanya bersifat sementara. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan persepsi siswa tentang tindakan tegas mendidik yang diberikan
guru BK kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan angket, subjek penelitian adalah siswa kelas VIII dan IX di SMP
Negeri 24 Padang yang melanggar peraturan sekolah yang berjumlah 59 orang.
Temuan penelitian mengungkap secara rata-rata persepsi siswa tentang
tindakan tegas mendidik guru BK kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah
berkenaan dengan menyadarkan kesalahan, pengakuan dan penghormatan,
penampilan kasih sayang dan kelembutan, menjaga hubungan harmonis dan
membentuk komitmen positif tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa mempersepsi sangat baik terhadap
tindakan tegas mendidik yang diberikan guru BK.
Sesuai dengan hasil penelitan yang telah dilakukan maka disarankan
kepada guru BK untuk mempertahankan dan meningkatkan tindakan tegas
mendidik kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah, berkenaan dengan
menyadarkan kesalahan, pengakuan dan penghormatan, menampilkan kasih
sayang dan kelembutan, menjaga hubungan harmonis, dan membentuk komitmen
positif. Bagi siswa dengan adanya persepsi yang sangat baik terhadap tindakan
tegas mendidik guru BK kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah,
diharapkan siswa lebih meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Bagi
kepala sekolah, agar memberikan dukungan kepada guru BK untuk terlaksananya
tindakan tegas mendidik di sekolah sehingga mengurangi pelanggaran peraturan
sekolah. Bagi peneliti selanjutnya, karena penelitian ini baru mengungkap
persepsi siswa tentang tindakan tegas mendidik guru BK kepada siswa yang
melanggar peraturan sekolah, disarankan agar penelitian selanjutnya membahas
tentang efektifitas tindakan tegas mendidik yang diberikan guru BK.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15883 |