Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Accelerated Learning di Kelas IV SDN 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh

Fitria, Yosi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Accelerated Learning di Kelas IV SDN 05 Birugo Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YOSI_FITRIA_54276_4679_2014.pdf] Text
final_B1_6_YOSI_FITRIA_54276_4679_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PKn yang cenderung berpusat pada guru dan guru kurang memberi motivasi pada siswa sehingga pembelajaran terlihat kaku. Terlalu serius yang membuat pembelajaran kurang menyenangkan, suasana belajarnya sangat terkendali karena gu rulh yang berperan aktif dengan ceramahnya, penjelasan yang disampaikan guru hanya berpusat pada materi dan tidak ada pengembangan dari materi tersebut sehingga kurang memicu memori siswa untuk berfikir, pembelajaran berbasis pada waktu bukan pada hasil. Selain itu, penggunaan pendekatan dalam proses pembelajaran yang belum tepat dan tidak efektif sehingga hasil belajar PKn rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas IV SDN 05 Birugo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Birugo dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kemampuan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil berupa nilai : a) RPP siklus I adalah 69,64% pada siklus II menjadi 91,06% b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I adalah 77,27% pada siklus II menjadi 92,04% dan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I adalah 72,73% pada siklus II menjadi 87,79% c) hasil belajar siswa siklus I adalah 71,54 pada siklus II menjadi 83,80. Dengan demikian, pendekatan Accelerated Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 05 Birugo

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inovatif, Kegiatan Belajar Mengajar, Pendekatan Humanistik, Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:40
Last Modified: 21 Jul 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15881

Actions (login required)

View Item
View Item