Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metoda Bermain Peran di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat Padang

Febrinawati, Yosi (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metoda Bermain Peran di Kelas V SDN 05 Air Tawar Barat Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YOSI_FEBRINAWATI_11883_691_2014.pdf] Text
final_B1_6_YOSI_FEBRINAWATI_11883_691_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi kondisi pembelajaran PKn di SD guru masih menggunakan metoda konvensional sehingga siswa kurang aktif. Permasalahan tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metoda bermain peran V SDN 05 Air Tawar Barat kota Padang. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metoda pembelajaran yang digunakan metoda bermain peran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun dengan mengikuti prosedur bermain peran. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V SDN 05 Air Tawar Barat kota Padang. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang dapat dilihat pada RPP siklus I yaitu 89,28 %, sedangkan siklus II yaitu 96,42 % kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan aktifitas guru siklus I yaitu 79,46 %, sedangkan siklus II yaitu 96,42% kualifikasi sangat baik. Aktifitas siswa siklus I yaitu 77,67%, sedangkan siklus II yaitu 94,64 % kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I yaitu 69,43 sedangkan siklus II yaitu 79,65 kualifikasi baik. Melihat hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan metoda bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 05 Air Tawar Barat kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran PKn, Metode Bermain Peran, Aktivitas Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:23
Last Modified: 21 Jul 2025 07:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15876

Actions (login required)

View Item
View Item