Pitri, Sri Wahyuni (2014) Hubungan Keadaan Lingkungan Sosio-Emosional dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SRI_WAHYUNI_PITRI _96088_2996_2014.pdf [thumbnail of B1_5_SRI_WAHYUNI_PITRI _96088_2996_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SRI_WAHYUNI_PITRI _96088_2996_2014.pdf
Download (659kB)
Abstract
Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalahkeadaan lingkungan sosio-emosional atau suatu kondisi yang terjadi akibatinteraksi antar individu yang mempengaruhi kondisi emosionalnya. Apabila siswamemiliki keadaan lingkungan sosio-emosional yang baik maka akanmemungkinkan dirinya untuk memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi.Kenyataannya ada sebagian siswa yang kurang memiliki keadaan lingkungansosio-emosional yang baik hal ini dapat dilihat dari segi antara guru dengansiswa, siswa dengan siswa lain, dan suasana lingkungan belajar, sehinggamotivasi belajar siswa menjadi rendah. Adapun tujuan dari penelilitian ini adalahmendeskripsikan keadaan lingkungan sosio-emosional dan medeskripsikanmotivasi belajar serta menguji hubungan antara keadaan lingkungan sosioemosional dengan motivasi belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasipenelitian berjumlah 506 siswa, dengan menggunakan teknik Statified RandomSamplingdan Purposive Random Sampling. Sehingga sampel yang akan ditelitiberjumlah 126 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket tentang keadaanlingkungan sosio-emosional dan motivasi belajar siswa. Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan program Microsoft Office Excel dan programSPSS for windows release 16.Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) keadaan lingkungan sosioemosional siswa di SMP Negeri 2 Padang tergolong baik dengan persentasesebanyak 30,1%, (2) motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Padang berada padagolongan tinggi dengan peresentase 38,1%, (3) terdapat hubungan yang signifikanantara keadaan lingkungan sosio-emosional dengan motivasi belajar siswa diSMP Negeri 2 Padang dengan rhitung sebesar 0.728 dengan taraf signifikansi0,01% atau tingkat kepercayaan 99%. Dengan demikian tingkat hubungan antarakeadaan lingkungan sosio-emosional dengan motivasi belajar siswa di SMPNegeri 2 Padang berada pada kategori kuat.Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar siswa untuk lebihmeningkatkan hubungan keadaan lingkungan sosio-emosional dengan motivasibelajar siswa di SMP Negeri 2 Padang, bagi guru BK diharapkan untukmeningkatkan keadaan lingkungan sosio-emosional dengan motivasi belajar siswadi SMP Negeri 2 Padang melalui layanan BK, bagi guru mata pelajaran untukdapat meningkatkan hubungan keadaan lingkungan sosio-emosional denganmotivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Padang sehingga motivasi belajar siswamenjadi lebih baik, dan bagi peneliti selanjutnya yang akan meneliti aspek yangsenada dengan peneliti ini agar dapat meninjau dari aspek lain yang belumterungkap dalam penelitian ini.i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SOSIAL- EKONOMI, MOTIVASI BELAJAR |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:02 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15875 |