Mulia, Sri wahyuni (2019) Hubungan Kematangan Emosi dengan Interaksi Sosial Siswa SMP 1 Ranah Batahan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_SRI_WAHYUNI_MULIA_15006075_5961_2019.pdf [thumbnail of B1_5_SRI_WAHYUNI_MULIA_15006075_5961_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_SRI_WAHYUNI_MULIA_15006075_5961_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya siswa yang tidakbisa berinteraksi dengan baik di sekolah, tidak merespon dengan baik saat diajakbergabung dengan teman-temannya, bahkan siswa mengungkapkan dengankemarahan, mengeluarkan kata-kata kasar, dan kekerasan sekalipun. Kematanganemosi merupakan kemampuan individu untuk dapat menggunakan emosinyadengan baik dan kecendrungan untuk menanggapu segala sesuatu dengan emosiyang matang. Salah satu faktor yang mempengaruhi kematangan emosi adalahintraksi sosial. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikankematangan emosi siswa, (2) mendeskripsikan interaksi sosial siswa, (3) mengujihubungan antara kematanga emosi siswa dengan interaksi sosial siswa SMP N 1Ranah Batahan.Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional denganmetode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Ranah Batahan.Jumlah sampel sebanyak 157 siswa dipilih dengan menggunakan teknik StratifiedRandom Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angketkematangan emosi dan angket interaksi sosial. Data dianalisis dengan teknikstatistik deskriptif dan teknik Product Moment Correlational dengan bantuanprogram SPSS For Windows 20.0Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) kematangan emosi siswaberada pada kategori matang, (2) interaksi sosial siswa berada pada kategori baik,dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosidengan ineraksi sosial siswa dengan nilai r hitung sebesar 0,613. Hal inimenunjukkan bahwa nilai r hitung > r tabel (0,156). Berdasarkan temuanpenelitian, disarankan kepada konselor untuk dapat memberikan berbagai layananbimbingan dan konseling antara lain layanan informasi, layanan konselingperorangan, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompokkepada siswa, agar dapat membantu untuk meningkatkan kematangan emosi siswadan interaksi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMATANGAN EMOSI, INTERAKSI SOSIAL SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 06:51 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15873 |