Anggraini, Arieani (2017) Kompetensi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ARIEANI_ANGGRAINI_1204806_1296_2017.pdf [thumbnail of B1_05_ARIEANI_ANGGRAINI_1204806_1296_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ARIEANI_ANGGRAINI_1204806_1296_2017.pdf
Download (10MB)
Abstract
Kompetensi seorang guru BK atau Konselor yaitu kemampuan yang
mutlak dimiliki guru BK atau Konselor agar tugasnya sebagai pendidik dapat
terlaksana dengan baik. Kompetensi konselor tersebut seyogyanya dapat dikuasai
oleh mahasiswa bimbingan dan konseling dalam mempersiapkan diri untuk
memberikan pelayanan bimbingan dan konseling, sehingga pelayanan konseling
dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Akan tetapi, fakta yang ditemukan
masih ada mahasiswa bimbingan dan konseling yang merasa belum
berkompetensi untuk menjadi guru BK atau Konselor. Indikasi ini diketahui dari
beberapa orang mahasiswa merasa kesulitan dalam mengelola kelas, terdapat
mahasiswa yang belum mampu melaksanakan layanan konseling perorangan
sesuai dengan teknis yang telah dipelajari dan ada mahasiswa BK yang tidak ingin
menjadi guru bimbingan dan konseling dan memilih profesi lain seperti menjadi
pegawai bank, pegawai kantoran, wiraswasta, dan lain sebagainya. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi mahasiswa BK ditinjau dari
kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan keprofesionalan.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek
penelitian mahasiswa yang sedang melaksanakan Praktek Lapangan Konseling
Pendidikan di Sekolah (PLKP-S) berjumlah 115 orang. Instrumen penelitian yang
digunakan berbentuk skala pengukuran. Data yang diperoleh dianalisis dengan
menggunakan teknik persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan secara keseluruhan kompetensi
mahasiswa BK berada pada kategori tinggi, dan kompetensi pedagogik,
kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional mahasiswa BK berada pada
kategori tinggi. Dengan demikian mahasiswa BK setelah mengetahui capaian
kompetensi sebagai seorang calon guru BK diharapkan dapat mempertahankan
dan lebih meningkatkan kompetensi dengan terus belajar dan berlatih.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 05:19 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 05:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15828 |