Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Model Group Investigation di Kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang

Kurnia, Yora (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Model Group Investigation di Kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YORA_KURNIA_18080_4347_2014.pdf] Text
final_B1_6_YORA_KURNIA_18080_4347_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn yang masih berpusat pada guru, dimana guru menjadi satu-satunya sumber informasi dalam belajar, guru jarang melibatkan siswa mencari sendiri materi pelajaran yang akan dipelajari sehingga siswa sulit memahami materi yang akan dipelajari, guru belum menggali kemampuan siswa untuk aktif, kreatif sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa tidak berani mengemukakan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan model Group Investigation kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur: perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dan sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat dengan jumlah siswa 35 orang dan guru, peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas berperan sebagai observer.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a)perencanaan pembelajaran pada siklus I adalah 82,14% pada siklus II adalah 92,85%, b) pengamatan aspek guru pada siklus I adalah 84,37% pada siklus II adalah 96,87%, pengamatan aspek siswa siklus I adalah 81,25% pada siklus II adalah 93,75%, c) hasil belajar siklus I yaitu adalah 74,26 meningkat pada siklus II menjadi 89,17. Dengan demikian, model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Group Investigation, Hasil Belajar PKn, Pembelajaran Aktif, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 21 Jul 2025 05:08
Last Modified: 21 Jul 2025 05:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item
View Item